Detail Persiapan Pernikahan

Detail Persiapan Pernikahan

Untuk mendapatkan rangkaian acara yang tentu saja mengesankan dihari pernikahan anda, sebaiknya buatlah daftar yang memuat agenda dan rencana tentang segala sesuatu yang akan ditampilkan dihari pernikahan anda.

Waktu yang telah lalu kita telah membahas tentang tips mempersiapkan hari pernikahan, pada artikel yang lalu dibahas secara garis besar, nah sekarang kita bahas lebih detail tentang persiapan pernikahan tersebut mulai dari 3 bulah sebelum hari H.

Langsung aja cekidot…

  1. 3 bulan sebelum acara pernikahan anda
    1. Adakan rapat keluarga untuk menentukan tipe dan besarnya acara pesta pernikahan yang akan anda selenggarakan. Pada rapat kali ini membahas termasuk tentang anggaran biaya yang akan dikeluarkan, tempat akad dan resepsi dilaksanakan, budaya/adat yang akan ditampilkan (jika kedua mempelai berbeda adat dan suku, jika tidak ngunduh mantu, hehehe). Apabila memungkinkan, rapat ini mengundang keluarga kedua mempelai sehingga bisa dibahas lebih mendetail tentang segala sesuatunya.
    2. Hubungi vendor-vendor pernikahan seperti, Perias pengantin, Jasa Dekorasi, Catering, Soundsystem dan hiburan serta Photo & Videographer, jangan lupa ke KUA untuk mendaftarkan diri. Jika anda terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat melakukan hal ini, maka anda hanya perlu mendatangi penyedia jasa pernikahan, atau lebih kerennya wedding planner atau wedding organizer. Wedding planner atau wedding organizer akan sekaligus memberikan masukan serta saran-saran terbaik untuk hari pernikahan anda.
    3. Mulailah membut daftar tamu yang akan diundang. Mengapa jauh-jauh hari? Karena masih banyak waktu, apabila dilakukan mendadak akan banyak yang ketinggalan alias lupa tidak diundang. Belum lagi nanti menulis namanya satu persatu, mending kalau hanya 500 an, kalau sampe 6000???
    4. Tentukan jenis kartu undangan. dijaman yang serba canggih ini, sekarang sudah ada kartu undangan online, nah buatlah 2 type kartu undangan, yakni cetak dan online, kartu undangan online ini berfungsi untuk kerabat yang jauh di mata, misalnya diluar kota atau luar negeri, anda cukup mengirimi sms link website, maka ketika penerima mengklik link tersebut, undangan sudah ada di layar HPnya, lengkap dengan namanya seperti halnya undangan cetak.
    5. Sambil iseng jalan-jalan ke mal atau pusat perbelanjaan, mulailah mencicil belanja pernak pernik pernikahan, seperti macam-macam hantaran atau souvenir pernikahan.
    6. Apabila anda merencanakan acara pernikahan di tempat ibadah, koordinasikan dengan pengurus rumah ibadah tersebut tentang segala sesuatu yang boleh atau tidak boleh dilakukan pada saat acara resepsi diselenggarakan dan kemungkinan chargenya. Sama halnya apabila pernikahan akan dilaksanakan di gedung, namun jangan lupa untuk segera memanjar gedung tersebut, karena gedung biasanya panjang antriannya. Apabila dilaksanakan di rumah, mulailah merapikan atau men cat rumah anda agar terlihat segar dihari pernikahan anda.

 

2. 2 Bulan sebelum acara pernikahan anda

    1. Lengkapi daftar belanja anda, cek dan ricek, takutnya ada yang ketinggalan
    2. Buat rencana mendetail dengan vendor-vendor pernikahan anda seperti catering, perias ataupun dekorasi mengenai menu makanan, susunan tempat duduk dan lain-lain.
    3. Mulailah mencetak kartu undangan dan mempersiapkan undangan online jika ada.
    4. Mulailah fitting gaun atau baju, sekalian dengan para pagar ayu dan pagar bagus.

 

  1. 1 Bulan sebelum acara pernikahan anda
    1. Cek lagi daftar undangan anda, segera tulis namanya.
    2. Pergilah ke toko perhiasan untuk memilih dan membeli cincin kawin.
    3. Koordinasikan kembali dengan para vendor pernikahan anda mengenai kesiapan segala sesuatunya.

 

  1. 2 Minggu sebelum acara pernikahan anda
    1. Mulailah menyebar undangan yang telah siap.
    2. Apabila anda telah menerima segala sesuatu dari perias, seperti gaun dan accecorisnya, minta/buatlah tanda terimanya.

 

  1. 1 Minggu sebelum acara pernikahan anda
    1. Pastikan undangan telah tersampaikan semuanya.
    2. Pastikan semua yang ada dalam daftar/ceklis anda sudah siap
    3. Apabila dana cukup Pergilah ke salon untuk perawatan pra nikah (biasanya sudah sepaket dengan rias pengantin)
    4. Cek dan ricek lagi.

Demikianlah detail persiapan sebelum hari pernikahan anda, semoga dapat membantu untuk anda yang akan melangsungkan pernikahannya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *